Bahas Ekowisata, Delegasi UNAIR Raih Juara I Business Plan

Bahas Ekowisata, Delegasi UNAIR Raih Juara I Business Plan

DUKUHUMKM, Surabaya- Mahasiswa Universitas Airlangga (UNAIR) berhasil raih juara I lomba business plan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Brawijaya pada Minggu (2/6/2024). Tim dari UNAIR terdiri dari Muhammad Raisa Haqiquddin Rokhmatullah (FEB), Tony Gunawan (FEB), dan Yasmin Lail Ramadhani (FKM).

Raisa Haqiduddin atau yang akrab dipanggil Eca, menyebutkan bahwa melalui lomba business plan dapat meningkatkan kemampuan soft skill. Perkembangan ekonomi menjadikan salah satu kunci untuk menjadikan peningkatan kualitas negara. “Sebagai mahasiswa ekonomi, memiliki kewajiban untuk meningkatkan kualitas ekonomi melalui pendidikan dan menuangkan ide dengan ikut perlombaan,” ucapnya.

Eca mengatakan bahwa business plan yang dibuat oleh timnya membahas tentang ekowisata. Banyaknya tempat wisata, menjadikan Indonesia sebagai negara yang berpotensi meningkatkan ekonomi melalui bidang pariwisata.

“Pariwisata lokal menjadi primadona tersendiri di Indonesia, sehingga kami berfokus pada topik ini. Business plan yang kami buat, tidak hanya mempermasalahkan mengenai pengembangan ekowisata saja, melainkan juga mengenai teknis seperti minimnya prosedur keselamatan wisatawan pada pariwisata alam,” jelasnya.

Eca menyebutkan bahwa selama proses persiapan tidak ada kendala yang berarti. Meskipun terdapat tantangan lain ketika menghadapi banyaknya pesaing dari universitas lain yang juga berkualitas. “Kami mencoba tetap optimis, apapun hasilnya yang penting ide dan inovasi mampu kami tuangkan dalam perlombaan ini,” tuturnya.

Berkontribusi dalam Ekonomi Nasional
Eca mengatakan meskipun mekanisme seleksi hingga menuju final cukup panjang, tetapi timnya memiliki tekad untuk terus berkontribusi dalam ekonomi nasional. Pentingnya peran mahasiswa dalam membahas isu ekonomi nasional, menjadi fokus utama Eca dan tim.

“Pastinya kami senang dan bangga telah berhasil meraih juara 1 pada lomba kali ini, harapan kami semoga kedepannya Indonesia terus mengembangkan dunia pariwisata sebagai salah satu poros perekonomian. Kami juga berharap, masyarakat sekitar area pariwisata mampu menjaga dan memanfaatkan dengan baik ekowisata, tanpa merusak kondisi lingkungan disekitar area ekowisata,”


Editor: Red

Terkait

Komentar

Terkini