Merdeka Belajar Beri Kesempatan Eksploratif dalam Menstimulus Kreativitas Murid di Pendidikan Vokasi

Merdeka Belajar Beri Kesempatan Eksploratif dalam Menstimulus Kreativitas Murid di Pendidikan Vokasi

DUKUHUMKM, Jakarta– Program Merdeka Belajar yang digagas oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus menunjukkan dampak positif, khususnya bagi pendidikan vokasi. Sebagai pendidikan yang fokus pada pengembangan keterampilan praktis dan pengetahuan spesifik, Merdeka Belajar memberikan kebebasan dan fleksibilitas bagi sekolah, guru, dan murid untuk mengeksplorasi berbagai metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi masing-masing serta menstimulasi kreativitas murid.

Hal itu pula yang dirasakan oleh Indra Gunawan, salah seorang guru Kompetensi Keahlian Tata Busana, SMKN 1 Pandak, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Guru yang telah mengajar di SMKN 1 Pandak sejak tahun 2011 ini merasakan manfaat kebijakan Merdeka Belajar. 

"Dengan adanya kebijakan Merdeka Belajar, kami dapat memilih dan mengembangkan materi belajar, sesuai dengan karakter dan kearifan lokal yang ada, sehingga dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada para murid," kata Indra Gunawan.  

Salah satu cara mengajar Indra yang terbilang cukup unik ialah dengan menggunakan pakaian karya muridnya. Hal tersebut, dilakukan Indra untuk mengapresiasi sekaligus meningkatkan kreativitas para murid dalam proses pembelajaran. Kebiasaan tersebut ia lakoni sejak tahun 2020 saat kebijakan Merdeka Belajar diluncurkan.

"Dengan hal tersebut, murid merasa senang dan meningkatkan sisi kreativitas para murid dalam proses pembelajaran," tambahnya. 

Selain itu, untuk mengembangkan kompetensi para siswa, SMKN 1 Pandak juga menjalin kerja sama dengan para pelaku dunia usaha dan dunia industri (DUDI), salah satunya dengan melakukan praktik kerja lapangan (PKL).

"Melalui PKL, para murid kami dapat mengaplikasikan dan meningkatkan ilmu yang didapatkan di sekolah. Selain itu, hal yang paling pentingnya adalah mereka dapat menambah wawasan terhadap dunia kerja secara riil, sehingga dapat menambah dan meningkatkan kompetisi serta menanamkan etos kerja yang tinggi," ucap Indra.


Editor: Red

Terkait

Komentar

Terkini