Olahan Serba lele dari Pokdakan "Sinar Lele Jaya", Kelompok Binaan CSR Pertamina DPPU Sultan Thaha

Olahan Serba lele dari Pokdakan "Sinar Lele Jaya", Kelompok Binaan CSR Pertamina DPPU Sultan Thaha

Foto istimewa.

Jambi- Sejumlah ibu rumah tangga terlihat sibuk memisahkan daging ikan dari tulangnya di dapur rumah produksi aneka olahan berbahan baku ikan lele, "Dapoer 29". Sebuah aktivitas produktif yang sempat terhenti selama empat bulan terakhir karena adanya renovasi bangunan rumah produksi tersebut.

Hari itu tidak banyak bahan produksi yang digunakan untuk membuat abon lele. Sekretaris Kelompok Dapoer 29, Rini menyebutkan saat ini mereka hanya memproduksi olahan lele sesuai pesanan saja.

"Hari ini cuma bikin enam kilogram lele untuk diolah jadi abon, ini hari pertama produksi setelah selesai renovasi," kata Rini sambIl tangannya yang cekatan mempersiapkan bahan-bahan pembuatan abon lele.

DIkutip dari Antara, Senin (1/11/2021), Rumah produksi aneka olahan lele Dapoer 29 yang berlokasi di RT 29 Kelurahan Eka Jaya Kecamatan Paal Merah Kota Jambi Provinsi Jambi ini merupakan kelompok binaan program CSR Pertamina DPPU Sultan Thaha. Fasilitasi kepada rumah produksi itu merupakan kelanjutan dari program CSR bagi Kelompok Pembudidayaan Ikan (Pokdakan) "Sinar Lele Jaya" yang bergulir sejak awal 2020.

Program budidaya lele mendapat sambutan antusias dan penuh harap dari warga. Ketua kelompok sekaligus Ketua RT 29 Kelurahan Ekajaya Samiyo Edi Karso, mengatakan budidaya lele menjadi awal keberlanjutan program CSR Pertamina DPPU Sultan Thaha lainnya di kelurahan itu. Semua program saling terintegrasi, mulai dari hulu hingga hilir yang menghadirkan produk jadi.

Menebar ekonomi baru
Sebanyak 12 kolam bioflok berjejer rapi di atas lahan yang sudah disiapkan. Di sampingnya terdapat peralatan bekas budidaya "aquaphonic" yang sedang dipersiapkan kembali untuk mulai ditebari benih. Beberapa orang pria anggota kelompok itu beraktifitas  menebar pakan dan yang lainnya mengecek sirkulasi air di kolam bioflok berwarna biru itu.

"Kami senang sekali saat Pertamina DPPU Sultan Thaha berkeinginan membangun suatu program yang berdampak besar untuk kami, salah satunya pada sektor perekonomian yang berkelanjutan," kata Samiyo.


Editor: Red
Sumber: Antara

Komentar

Terkini