Kemendag Apresiasi Pemkot Solo Terkait Pemanfaatan Teknologi untuk Pengembangan UMKM

Kemendag Apresiasi Pemkot Solo Terkait Pemanfaatan Teknologi untuk Pengembangan UMKM

Foto istimewa.

Solo- Kementerian Perdagangan mengapresiasi Pemerintah Kota Surakarta dalam menerapkan pemanfaatan teknologi digital pada sektor ekonomi dan perdagangan khususnya dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Program digitalisasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta, kata Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga  sangat sejalan dengan upayanya di Kemendag yaitu melakukan implementasi pemanfaatan teknologi digital.

Menurut Wamendag dalam rilisnya, Minggu (1/11), ada beberapa yang menonjol yaitu digitalisasi pembayaran melalui QRIS, lalu ada juga pembinaan dengan berbasis digital sehingga segala informasi mengenai UMKM bisa dilihat dan diupdate secara real time.

"Ini penting untuk pengelolaan produksi, pemasaran dan pembiayaan yang berkelanjutan," katanya saat melakukan pemantauan pameran UMKM Solo Technolink 2021 bertema "Solo Bergerak Untuk Indonesia Tangguh".

Dari pameran tersebut, lanjutnya terlihat bahwa sentuhan teknologi dan integrasi fasilitasi untuk UMKM sudah sangat maju.

Terkait hal itu Wamendag berharap bisa memperkuat kerja sama dan saling dukung antara Kota Solo dan Kementerian Perdagangan, bukan hanya dalam pengembangan pelaku UMKM tetapi juga pengembangan berbagai produk digital.

Wamendag menyatakan ke depan, teknologi informasi akan sangat menunjang ekonomi dan perdagangan masyarakat. Tanpa upaya transformasi ke sektor digital, ekonomi masyarakat akan susah berkembang di masa depan.


Editor: Red

Komentar

Terkini