Kopi dan Kakao Jadi Komoditi Unggulan Sulteng

Kopi dan Kakao Jadi Komoditi Unggulan Sulteng

Palu- Komoditi kopi dan kakao menurut Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura akan dijadikan komoditi unggulan Sulteng, serta akan terus dikembangkan untuk mendongkrak pembangunan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kakao/coklat dan kopi merupakan produk unggulan," kata Gubernur Rusdy Mastura, di Palu, Jumat (22/10/2021).

Dua kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah, yakni Poso dan Sigi, merupakan penghasil komoditas kopi terbesar di daerah itu.

Luas areal kakao di daerah ini menurut data Dinas Perkebunan Sulteng mencapai sekitar 291.000 hektare. Kabupaten Sigi menjadi salah satu daerah penghasil kakao dengan luas areal tanaman kakao cukup besar di Sulteng sekitar 30.000 hektare.

Data Dinas Perkebunan Sulteng juga menyebutkan luas areal tanaman kopi robusta di daerah ini tercatat 10.884 hektare dengan jumlah produksi per tahunnya sekitar 7.674 ton.

Sigi merupakan sentral produksi terbesar rata-rata 5.581 ton per tahun. Luas areal tanaman kopi di Kabupaten Sigi saat ini 5.581 hektare.

Luas dan produksi kedua terbesar adalah Kabupaten Poso. Luas areal tanaman kopi di daerah itu 1.266 hektare dengan jumlah produksi 737 ton per tahun.


Editor: Red
Sumber: Antara

Komentar

Terkini