Kasus Covid-19 Menurun, Sejumlah Pameran UMKM Diselenggarakan

Kasus Covid-19 Menurun, Sejumlah Pameran UMKM Diselenggarakan

Samarinda- Sejumlah pergelaran pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) mulai diselenggarakan. Adapun tujuannya untuk memamerkan kembali kerajinan tangan, olahan makanan, dan minuman serta produk lainnya yang berciri khas dari daerah mereka masing-masing.

Pergelaran UMKM itu tidak lepas dari menurunnya jumlah kasus COVID-19 di Indonesia. Kondisi itu membuka harapan aktivitas sosial dan ekonomi nasional bergairah kembali.

Sektor UMKM memberikan kontribusi dalam pertumbuhan ekonomi yang cukup besar, mulai dari penciptaan dan penyerapan tenaga kerja hingga sumber ekspor nonmigas.

Tidak hanya pada saat kondisi ekonomi normal dan stabil, UMKM terbukti kuat saat menghadapi krisis ekonomi yang melanda Indonesia pada tahun 1998 dan 2008.

Pada dua krisis itu, sebagian besar UMKM relatif tak mengalami masalah serius.

Namun, masa pandemi COVID-19 menjadi masa yang sulit bagi UMKM di Indonesia. Tak terkecuali UMKM binaan PT Pertamina (Persero).

Salah satu UMKM binaan Pertamina yang menggeluti bisnis daur ulang sampah dari Kalimantan Timur, Safina Quilt mengaku mengalami penurunan omset yang cukup dalam.


Editor: Red
Sumber: Antara

Komentar

Terkini