Edy Supriyanta Pimpin Upacara Hari Lingkungan Hidup dan Hari Lahir Pancasila

Edy Supriyanta Pimpin Upacara Hari Lingkungan Hidup dan Hari Lahir Pancasila

DUKUHUMKM, Jepara- Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Halaman Sekretariat Daerah Jepara, Senin (3/6/2024). Upacara tersebut diikuti oleh jajaran Forkopimda, perwakilan TNI/Polri dan pegawai di lingkungan Pemkab Jepara.

Dalam sambutannya, Edy Supriyanta menyampaikan jika keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Keberagaman yang ada, adalah berkat yang dirajut dalam identitas nasional "Bhinneka Tunggal Ika".

"Kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa kita tidak mengalami disorientasi di masa depan," ucap Edy.

Kepada para birokrat, tokoh masyarakat, tokoh agama, hingga guru dan pelajar, Edy meminta agar manfaatkan pesatnya kemajuan teknologi informasi dengan bijaksana. "Siarkan konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dan hindari berita hoaks," imbuhnya.

Sedangkan terkait dengan Hari Lingkungan Hidup, peringatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

"Sedangkan di sekolah, peringatan Hari Lahir Pancasila dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini, berada pada masa pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)," jelas Edy.

"Ajak anak-anak kita untuk memahami betapa pentingnya hidup berkelanjutan dan menciptakan keseimbangan, antara kebutuhan manusia dan kelestarian lingkungan," tandasnya.


Editor: Red

Terkait

Komentar

Terkini