Tingkatkan Kuota Peserta Didik, Pj Gubernur Jateng Resmikan SMAN 9 Surakarta

Tingkatkan Kuota Peserta Didik, Pj Gubernur Jateng Resmikan SMAN 9 Surakarta

DUKUHUMKM, Surakarta– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menambah layanan pendidikan SMA supaya mampu meningkatkan daya tampung peserta didik di wilayahnya. Penambahan itu ditandai dengan diresmikannya SMA Negeri 9 Surakarta yang berlokasi di Kelurahan Mojo, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta pada Senin (3/6/2024). 

Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana usai melakukan peresmian sekolah tersebut mengungkapkan selama ini di Kecamatan Pasar Kliwon tidak ada SMA Negeri. "Selama ini tidak ada SMA negeri yang ada di Kecamatan Pasar Kliwon, sehingga dengan keberadaan SMA 9 ini, tentunya menjadi suatu kebahagiaan bagi para orang tuanya,” ucapnya. 

Dengan didirikannya sekolah tersebut, calon peserta didik di Kecamatan Pasar Kliwon kini bisa lebih mudah mendaftar sekolah negeri. Sebelumnya, mereka harus bersaing dengan calon peserta didik di kecamatan lain karena belum ada sekolah di zonasinya. 

Nana mengatakan usai diresmikan infrastruktur gedung serta sarana prasarana pendukung, akan terus ditingkatkan. Pemprov masih mengalokasikan anggaran untuk keperluan tersebut tahun depan.

Pendirian SMA Negeri 9, kata Nana, merupakan kolaborasi Pemprov Jateng dengan Pemkot Surakarta. Lahan SMA N 9 ini merupakan hibah dari Pemkot Surakarta, yang dulunya merupakan SD Mojo. 

Kolaborasi Pemprov dan Pemerintah kabupaten/kota seperti ini juga sudah dilakukan di Kabupaten Banjarnegara dan Banyumas, dengan hadirnya SMK Negeri Pagentan Banjarnegara, dan SMK Negeri Lumbir, Kabupaten Banyumas.

Sinergi memberi layanan dasar sektor pendidikan, dilakukan dengan hibah lahan dari pemkot/pemkab untuk dibangun Unit Sekolah Baru (USB) Jenjang Pendidikan Menengah.


Editor: Red

Terkait

Komentar

Terkini