Tangani Kemiskinan Ekstrem, Baznas Jateng dan RSIGM Sultan Agung Selenggarakan Operasi Bibir Sumbing Gratis

Tangani Kemiskinan Ekstrem, Baznas Jateng dan RSIGM Sultan Agung Selenggarakan Operasi Bibir Sumbing Gratis

DUKUHUMKM, Semarang– Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mendukung kolaborasi antara Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jateng dengan Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut ( RSIGM) Sultan Agung Semarang dalam upaya pengentasan kemiskinan, salah satunya melalui penyelenggaraan operasi bibir sumbing gratis bagi masyarakat miskin.

Kerja sama tersebut mendapatkan apresiasi Sekertaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno. Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan upaya pemprov dalam penanganan kemiskinan ekstrem. Ia menyampaikan itu di sela rakor Baznas kabupaten/kota se-Jateng di Hotel Gets Semarang, Kamis (30/5/2024) malam. 

"Kami menyambut baik karena ini (operasi bibir sumbing) juga permasalahan yang harus kita selesaikan. Kami berharap ini menjadi inspirasi atau menginisiasi teman-teman kabupaten dan kota untuk bisa kerja sama dengan rumah sakit," katanya.

Sumarno meminta Baznas Jateng harus terus memperkuat sinergitas dengan berbagai pihak dalam rangka melaksanakan program-program prioritas. Salah satunya program penanganan kemiskinan ekstrem yang meliputi aspek kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan lainnya.

Menurut Sumarno, daerah yang banyak penduduk miskinnnya, jumlah populasinya juga banyak, sehingga butuh kolaborasi dengan semua pihak  supaya upaya penurunan kemiskinan lebih efektif.

Sedangkan menurut Ketua Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas RI, Sayidah Sakwan, berdasarkan monitoring dan evaluasi kinerja pengelolaan zakat Jawa Tengah, menunjukkan perkembangan sangat baik. Termasuk dari sisi penghimpunan dan kinerja penyaluran zakat.

"Banyak contoh baik dan inovasi-inovasi yang muncul dari ikhtiar dari Baznas di Jateng. Ini menjadi titik awal yang baik untuk pencapaian potensi zakat di Jateng yang hampir Rp4 triliun," katanya.


Editor: Red

Terkait

Komentar

Terkini