Kunker di Kebumen, Mayjen Deddy Suryadi Tinjau Budidaya Pisang Cavendish

Kunker di Kebumen, Mayjen Deddy Suryadi Tinjau Budidaya Pisang Cavendish

DUKUHUMKM, Kebumen- Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi melaksanakan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kunker tersebut untuk meninjau budidaya pisang cavendish sekaligus melakukan penanaman di desa Tunjungseto kecamatan Sempor.

Pangdam sebelum ke lokasi, lebih dulu transit di Pendopo Kabumian dan disambut oleh Bupati Arif Sugiyanto dan Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih. Tampak hadir pejabat lainnya seperti Danrem 072/ Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar, Dandim 0709/Kebumen Letkol CZI Ardianta Purwandhana, Kapolres Kebumen AKBP Recky Robertho, anggota Forkopimda, dan jajaran OPD.

“Selamat datang di Kebumen untuk Pangdam dan jajarannya. Wilayah kami cukup luas dengan 26 kecamatan dan 460 desa/kelurahan. Butuh waktu 1 jam untuk mencapai batas wilayah barat maupun timur, kalau batas utara sekitar 2 jam. Di selatan kita juga ada urut sewu sebagai tempat uji coba Alutsista TNI AD,” ucap Arif di Pendopo Kabumian, Rabu (15/5/2024).

Mayjen Deddy Suryadi mengatakan bahwa budidaya pisang cavendish merupakan upaya mendorong terciptanya kemandirian dan ketahanan pangan yang menjadi bagian dari program TNI.

“Dengan pisang cavendish ini, saya yakin banyak petani muda yang akan muncul atau regenerasi petani. Dengan hasil yang baik, tentunya akan mengangkat kesejahteraan petani dan masyarakat itu sendiri. Kalau sejahtera, pasti akan tinggal di kampung, bangun kampungnya sendiri,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah menyiapkan lahan 3 hektar untuk budidaya pisang cavendish di Sempor. Tanaman itu dikelola TNI dan warga setempat untuk kemakmuran bersama. Pisang jenis unggulan tersebut bahkan siap diekspor ke luar negari.

"Ini merupakan bentuk sinergitas antara TNI dengan Pemda dalam rangka menciptakan ketahanan pangan. Dengan program penanamam pisang ini diharapkan bisa menambah kesejahteraan masyarakat di Kebumen," harapnya.


Editor: Red

Terkait

Komentar

Terkini